Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-07-18 | Waktu : 09:39:44
DEKAN FDK UIN SU: ALUMNI HARUS BERMARTABAT

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Dr. Soiman, MA, meminta alumni untuk menjadi sarjana yang bermartabat. Hal ini disampaikan beliau pada acara yudisium sarjana FDK  di LJ Hotel Medan, Rabu (17/07).

Dalam sambutannya, Dekan mengatakan, FDK UINSU telah meluluskan sarjana sebanyak 2921 orang. Beliau mengharapkan kepada sarjana yang diyudisium agar menjadi sarjana yang memiliki harga diri, bernilai, dan bermanfaat bagi masyarakat, bukan sarjana yang menjadi beban dan menyusahkan masyarakat dan orang tua. Di sampaing itu, Dekan juga mengajak agar peserta yudisium menjadi sarjana yang dapat menjadi uswatun hasanah yakni menjadi contoh teladan yang baik agar nilai-nilai kebaikan tersebar di tengah-tengah masyarakat.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Guru Besar FDK UINSU, Prof. Dr. H. Mohd Hatta, agar para alumni memiliki kemampuan dalam mengembangkan dakwah di masyarakat. Oleh karena itu, menurut ketua MUI Medan ini, FDK UINSU harus memiliki laboratorium dakwah yang representatif yang dapat mencetak kader-kader dakwah yang berkualitas.

Selanjutnya Dr. H. Ahmad Sabban Rajagukguk, MA selaku ketua Ikatan Alumni FDK UINSU mengharapkan agar para alumni yang diyudisium meneguhkan diri menjadi dai, karena FDK adalah fakultas kenabian sebagai penyambung lidah para nabi dalam menebarkan kebaikan dan kedamaian di muka bumi. Sebab siapa saja yang menolong Agama Allah, maka Allah akan menolongnya dan meneguhkan kedudukannya di muka bumi. 

Pada acara itu, Dekan FDK meyudisium 85 sarjana FDK, yang terdiri dari 20 sarjana dari jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), 23 sarjana dari jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI), 21 sarjana dari jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), dan 21 sarjana dari jurusan Manajemen Dakwah (MD). Beliau juga memberikan selamat dan penghargaan kepada para sarjana yang terbaik dari masing-masing jurusan yaitu Imam El Islamy, S.Sos dari jurusan KPI, Azwar, S.Sos dari jurusan BPI, Fitri Yunita, S.Sos dari jurusan PMI, dan Nikmir Rohmiati dari jurusan MD.

Pada kesempatan itu juga, Darwin Marpaung, S.Ag, M.AP selaku alumni dan juga anggota legislatif Provinsi Sumatera Utara menyampaikan pesan kepada para sarjana yang diyudisium agar menjalin ukhuwah antara sesama alumni. Hal inilah akan menjadi kekuatan alumni FDK UINSU.

Hadir juga dalam acara tersebut Prof. Dr. Abdullah, M.Si, guru besar FDK, Wakil Dekan I, Dr. Efi Brata Madya, M.Si, Wakil Dekan II, Dr. Abdurrahman, M.Pd, Wakil Dekan III, Dr. H. Muhammad Husni Ritonga, MA, Ketua Jurusan KPI Dr. Muktarruddin, MA, Ketua Jurusan BPI, Syawaluddin Nst, M.Ag, Ketua Jurusan PMI, Dr. H. Muaz Tanjung, MA, dan Ketua Jurusan MD, Dr. Hasnun Jauhari Ritonga, MA, dosen FDK, para orang tua yudisium dan alumni FDK. (rbn)