Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-01-03 | Waktu : 15:27:20
FDK UINSU GELAR SERTIFIKASI PEMBIMBING HAJI TINGKAT NASIONAL

Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSU berkerjasama dengan Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Indonesia (FK-KBIHI) Sumut mengadakan Sertifikasi Pembimbing Haji Tingkat Nasional yang diselengggarakan mulai tanggal 10 sampai 19 November 2017 di Asrama Haji Medan. Peserta berasal dari 11 propinsi terdiri dari propinsi Sumut, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Yogyakarta, Gorontalo, Kalimantan Barat, Lampung dan Aceh.

Sertifikasi ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Utara dalam acara jamuan makan malam bersama yang diwakili oleh Kabag Agama Dinas Sosial Pempropsu Drs. H. Muhammad pada hari Jum’at (10/11/2017) di Gedung H. Anif Asrama Haji Medan yang dihadiri oleh ulama dan tokoh agama di Sumatera Utara.  “Kegiatan ini sangat baik dan harus terus ditingkatkan mengingat peraturan yang berlaku untuk kedepannya seluruh kelompok pembimbing haji harus terlebih dahulu bersertifikasi”, katanya. Kemudian sambungnya, karena negara telah menyiapkan target dalam 5 tahun ini  harus dikeluarkan 5000 sertifikat pembimbing haji  se-Indonesia untuk kemudian mendapatkan regulasi yang dapat menguntungkan para pembimbing KBIH.

K.H. Qasim Shaleh, Lc, MA sebagai Ketua Harian FKKBIHI Pusat sangat mengapresiasi kegiatan ini. Beliau berharap kegiatan ini dapat menghasilkan pembimbing-pembimbing haji yang profesional. “Oleh karena itu, pengelolaannya harus benar-benar profesional pula,” tandasnya.

Selama kegiatan berlangsung, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSU yang dipercaya sebagai panitia bidang akademik menghadirkan pemateri-pemateri yang handal dan profesional secara teori dan praktik di bidang haji. Selain Direktur Bina Haji dan Umroh (Dirbina) Kemenag RI Drs. H. Khoiridzi HD, S.Sos, MM dan Kepala Biro Perencanaan Kemenag Pusat Dr. H. Ali Rokhmat, M.Pd. yang diundang sebagai pemateri, juga Rektor UINSU Prof. Dr. H. Saidurrahman, M.Ag dan sejumlah guru besar (Profesor) dari FDK maupun lingkungan UINSU. Materi tentang Kebijakan PHU juga diisi Kakanwil Kemenag Sumut Drs. H. T. Darmansyah, MA. Antusiasme peserta terlihat dan diakui. Bahkan peserta mengakui ternyata masih banyak hal-hal yang harus diketahui diluar praktik langsung dalam bimbingan ibadah haji. “Kendati saya sudah sekian lama membimbing jamaah haji, tetapi dengan sertifikasi ini saya mendapatkan banyak ilmu yang tidak terbayangkan bagi saya dalam praktek selama ini”, ungkap salah satu peserta.

Kegiatan ini disambut baik oleh pemerintahan setempat di Sumut karena disamping mendapatkan ilmu yang bermanfaat juga dapat bersilaturahmi secara langsung dengan para pembimbing haji secara nasional. Pada Sabtu malam (18/11/2017) sebelum para peserta bertamasya ke Danau Toba Parapat, kegiatan sertifikasi PMH angkatan II untuk 2017 ini ditutup secara resmi oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSU Dr. Soiman, MA dan Ketua FKKBIHI Propinsi Sumut Drs. H. Ilyas M.Pd.