Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2017-10-18 | Waktu : 14:47:42
FDK UINSU Latih 40 Penyuluh Agama Islam Se Kota Sibolga

Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI), Jurusan  Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), dan Jurusan Manajemen Dakwah (MD) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Sumatera Utara mengadakan pengabdian  masyarakat dengan melatih 40 orang Penyuluh Agama Islam se Kota Sibolga, Jumat hingga Minggu (13-15/10) di Kantor Kementerian Agama Sibolga.

Penyuluh Agama Islam se-Kota Sibolga mendapat sambutan hangat  Kepala Kantor Kemenag Kota Sibolga Dr. H. Mardinal Tarigan, MA dan seorang tokoh masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah yang kini menjabat  Kepala SAMSAT Tapanuli Tengah, Ir. H. Hakim Hasibuan, M.Si.  yang sekaligus menjadi fasilitator dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 8 (delapan) pejabat d ilingkungan FDK UINSU, yang terdiri atas Dekan Dr. Soiman, MA; Wakil Dekan II Drs. Abdurrahman, M.Pd, Kajur BPI Syawaluddin Nst., M.Ag, Kajur PMI H. Muaz Tanjung, MA, Kajur MD H. Jauhari Ritonga, MA; Kalab FDK Winda Kustiawan, MA; Kasubbag Umum Ilyas Gompar Harahap, M.Pd,  serta Kasubbag Perencanaan, Akuntansi, dan Keuangan Irfan, SE, MM saling bersinergi menyukseskan kegiatan “Pelatihan Manajemen dan Strategi Penyuluh Agama Islam”.

Dekan FDK UINSU Dr. Soiman, MA mengatakan bahwa penyuluh agama Islam merupakan ujung tombak pembangunan masyarakat.  Karena itu, penyuluh sangat penting, sebab ia berhadapan langsung dengan warga, keluarga, tokoh-tokoh masyarakat, dan masyarakat secara umum. Dan untuk itu kegiatan-kegiatan pelatihan menjadi upaya yang baik untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi penyuluh.

Kakankemenag Kota Sibolga Dr. H. Mardinal Tarigan, MA yang didampingi oleh Kasubbag TU-nya Drs. H. Aswad pada acara pembukaan menyebutkan rasa gembiranya atas perhatian terhadap penyuluh agama Islam yang diberikan oleh FDK UINSU. Oleh karena itu, ia bahkan menyetujui penandatanganan kerjasama antar-kedua lembaga ini. “Dengan kerjasama ini, mudah-mudahan kegiatan-kegiatan seperti ini berlanjut pada tahun-tahun mendatang. Atau bila ada kesempatan dari para penyuluh agama Islam Kota Sibolga juga dapat melakukan kunjungan ke FDK UINSU”, lanjut beliau.

Usai pelatihan, Ir. H. Hakim Hasibuan, M.Si. membawa rombongan FDK UINSU  berkunjung ke rumah asal/orang tua Ir. H. Akbar Tanjung, salah seorang tokoh nasional yang berasal dari Kecamatan Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah. Selanjutnya rombongan menyempatkan diri menyinggahi TITIK NOL Peradaban Islam Nusantara dan ziarah ke makam ulama Papan Tinggi serta Makam Mahligai di Barus, Tapanuli Tengah.