Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2017-09-06 | Waktu : 10:50:01
DEKAN FDK UINSU: MAHASISWA HARUS SEPERTI PAYUNG

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Dr. Soiman, MA, meminta kepada para mahasiswa agar menjadi seperti payung. Hal tersebut disampaikannya dihadapan 632 mahasiswa baru, dalam kegiatan pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), Selasa (29/08)

Menurut Bapak Soiman, payung adalah alat yang digunakan untuk menyejukkan diri disaat panas, dan menghangatkan disaat hujan. Oleh karena itu, filosofi mahasiswa harus seperti payung. Mahasiswa harus membawa manfaat dan kebaikan kapan dan di mana saja berada, bukan sebaliknya mahasiswa yang selalu menyusahkan orang tua dan masyarakat.

            Pada kesempatan itu juga, Dr. Soiman mengatakan, untuk menjadi mahasiswa yang sukses dan bermanfaat, ada 4 (empat) kiatnya yaitu: Pertama, kenali bakat dan potensi masing-masing, kedua, mampu mengaktualisasikan bakat dan potensi tersebut, ketiga, jadilah diri sendiri dan jangan mudah terpengaruh dengan yang lainnya, dan keempat, mengorientasikan kemampuan diri untuk mengembangkan talenta masing-masing. Diakhir sambutannya, Soiman meminta kepada para mahasiswa baru untuk menjauhi narkoba dan pergaulan bebas, sebab itu akan menghancurkan masa depan mereka dan harapan orang tua.

            Ketua panitia sekaligus Wakil Dekan bidang kemahasiswaan dan kerjasama Muhammad Husni Ritonga, MA mengatakan, tujuan dilaksanakannya PBAK ini, agar para mahasiswa baru memahami tentang dunia akademik khususnya di FDK baik mengenai sistem pembelajaran maupun juga tentang etika akademik. Sehingga diharapkan mereka dapat menyesuaikan diri dan mematuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku baik di FDK maupun di UINSU.

            Kegiatan PBAK dipandu oleh pengurus Senat Mahasiswa Fakultas (SEMAF), Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (DEMAF), dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Sedangkan narasumber yang mengisi kegiatan tersebut selain unsur pimpinan yaitu dekan, para wakil dekan, para ketua jurusan, juga diisi oleh para alumni dakwah yaitu AKBP H.Jarnawi Hadisaputro Tanjung, S.Ag, SH, MH, Kabag Pengawasan dan Penyidikan Narkoba Polda Sumatera Utara, Dr. H. Asren Nasution, MA, Kepala Satpol PP Provinsi Sumatera Utara dan Drs. Ance Selian, Ketua PKB Sumatera Utara.